cover
Contact Name
IDEL WALDELMI
Contact Email
idelwaldelmi@unilak.ac.id
Phone
+6285265497158
Journal Mail Official
Jiedbfekon@gmail.com
Editorial Address
D.I. Panjaitan Km.8 Rumbai Pekanbaru 28265
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 18299822     EISSN : 24429813     DOI : https://doi.org/10.31849/jieb.v17i2
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management and accounting, including but not limited to: Development Economics Monetary Economics, Finance and Banking International Economics Public Economics Economic development Regional Economy Management Science Marketing Financial management Human Resource Management International Business Entrepreneurship Accounting Sciences Taxation and Public Sector Accounting Accounting information system Auditing Financial Accounting Management accounting Behavioral accounting
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 16 No. 1 (2019)" : 10 Documents clear
PENGARUH BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DI PEKANBARU yusriadi yusriadi
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Vol. 16 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jieb.v16i1.1637

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran komunikasi pemasaran variabel termasuk iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung pada keputusan pembelian merek sepeda motor Honda baik secara parsial dan simultan dengan 84 responden menggunakan metode sampling residensial. Dari hasil analisis data menggunakan regresi berganda, hasil uji t diperoleh hasil variabel iklan, penjualan pribadi dan promosi penjualan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda. Sedangkan variabel hubungan masyarakat dan pemasaran langsung mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor merek Honda. Sementara hasil uji F berpengaruh dan signifikan artinya periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor merek Honda.
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR TEKNIS DAN ORGANISASIONAL TERHADAP PENGEMBANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA (Studi Pada OPD Kota Pekanbaru) gusmarila eka putri
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Vol. 16 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jieb.v16i1.1654

Abstract

Berdasarkan instruksi presiden nomor 7 tahun 1999 tentang akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) No.589/IX/6/Y/1999 tentang Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, yang telah diperbaiki dengan Keputusan LAN Nomor 239/IX/6/8/2003. Tahun 2006 pemerintah mengeluarkan peraturan lain yang mendukung implementasi sistem pengukuran kinerja di Indonesia, yakni PP RI No. 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah. Selanjutnya ada PERMENPAN RB No. 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan AKIP. Dikeluarkannya PP RI Nomor 8 Tahun 2006 dan PERMENPAN RB Nomor 29 tahun 2010 menunjukkan keseriusan pemerintah terhadap perbaikan kinerja organisasi pemerintah dan mendorong dibangunnya sistem manajemen organisasi pemerintah yang berbasis kinerja (performance-based management) di Indonesia Namun faktanya, kemampuan sistem pengukuran kinerja untuk meningkatkan kinerja, transparansi, dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (AKIP) masih sering diperdebatkan atau dipertanyakan. Situasi ini cukup masuk akal karena beberapa hasil penelitian memang masih menunjukkan adanya masalah dalam implementasi sistem pengukuran kinerja. Permasalahan muncul pada tahap pengembangan sistem pengukuran kinerja maupun pada tahap penggunaan hasil dari implementasi sistem pengukuran kinerja Penelitian ini bertujuan untuk menguji beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pengembangan sistem pengukuran kinerja pada OPD Kota Pekanbaru. Faktor-faktor tersebut terdiri dari faktor teknis dan organisasional. Faktor teknis meliputi keterbatasan sistem informasi, dan faktor organisasional meliputi komitmen manajemen, otoritas pengambilan keputusan, serta budaya organisasi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survey dengan mendistribusikan kuesioner kepada pejabat eselon 2, 3, dan 4 yang terlibat dan bertanggungjawab dalam pembuatan Renstra dan Lakip pada OPD Kota Pekanbaru. Dengan metode purposive sampling, kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa keterbatasan sistem informasi tidak terbukti berpengaruh negatif terhadap pengembangan sistem pengukuran kinerja, komitmen manajemen, otoritas pengambilan keputusan, dan budaya organisasi terbukti berpengaruh positif terhadap pengembangan sistem pengukuran kinerja.
TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN JASA PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA PONTIANAK nurmalasari sari
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Vol. 16 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jieb.v16i1.2067

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan jasa pelayanan Perpustakaan UBSI Pontianak. Penelitian ini dengan data observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Adapun populasinya adalah seluruh mahasiswa UBSI Pontianak dan dipilih sebanyak 50 responden dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Variabel penelitian menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari keandalan (Reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (Assurance), empati (Emphaty) dan bukti fisik (Tangible) dengan pengukuran menggunakan skala Likert. Hasil analisis tingkat kepentingan dan kualitas pelayanan memperlihatkan bahwa responden sangat puas dengan pelayanan yang diberikan perpustakaan UBSI Pontianak. Hasil penelitian tersebut terlihat bahwa presentase rata-rata jawaban responden yang berkaitan dengan kepuasaan mahasiswa dalam penggunaan layanan jasa perpustakaan adalah sebesar 3,50 yang berarti responden menyatakan kepuasan mahasiswa dalam penggunaan jasa perpustakaan di UBSI Pontianak tergolong sangat tinggi/sangat puas. epuasan, jasa, pelayanan, perpustakaan
ANALISIS PENGARUH PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG amirudin amirudin
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Vol. 16 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jieb.v16i1.2127

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh produk, harga yang dirasakan, dan kualitas layanan terhadap niat pembelian kembali. Sampel yang diambil adalah 100 responden menggunakan teknik sampling aksidental. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Penelitian ini menemukan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian kembali, sedangkan produk dan harga yang dirasakan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian ulang.
PENGARUH PENERAPAN GREEN ADVERTISING DAN HARGA PREMIUM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN slamet heri winarno
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Vol. 16 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jieb.v16i1.2204

Abstract

Bisnis produk hijau saat ini telah berkembang sangat pesat, menerapkan bisnis hijau yang ramah lingkungan telah mampu menjadi bisnis utama. Perkembangan bisnis ini salah satunya dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini memprioritaskan faktor kesehatan dalam mengkonsumsi produk. Diyakini bahwa dalam 10 tahun terakhir pengembangan produk hijau telah mencapai keuntungan yang signifikan. Melalui pemasaran ramah lingkungan, perusahaan telah berhasil menciptakan perilaku pembelian konsumen sehingga produk hijau lebih disukai. Salah satu strategi pemasaran ramah lingkungan adalah dengan melakukan periklanan ramah lingkungan dan strategi penetapan harga premium, yang diharapkan dapat meningkatkan minat konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan ramah lingkungan dan harga premium terhadap keputusan pembelian konsumen. Objek utama adalah produk kopi hijau yang sangat populer dengan berbagai lapisan masyarakat, menggunakan responden 100 orang pecinta kopi dari berbagai latar belakang di Jabodetabek menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa R square adalah 67,2%, yang menunjukkan bahwa keputusan pembelian oleh penikmat kopi secara positif dan signifikan dipengaruhi oleh iklan hijau dan harga premium, sedangkan 32,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini dengan persamaan regresi Y = 0,550 + 0.287X1 + 0.184X2. Secara simultan dan sebagian dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang kuat antara iklan ramah lingkungan dan harga premium dengan keputusan pembelian
FAKTOR DOMINAN PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PRILAKU KOSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SUATU PRODUK luna theresia tambunan
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Vol. 16 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jieb.v16i1.2261

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dominan bauran dan indikator promosi yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian suatu produk. Sampel penelitian ini sebannyak 105 orang n=105) mahasiswa STIE LMII, Medan tahun akademik 2018-2019. Instrumen penelitian menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan model persamaan struktural. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa bauran promosi secara simultan, yaitu publicity dan sales promotion, dan secara parsial, yaitu publicity, sales promosion, dan direct marketing merupakan faktor dominan yang mempengaruhi prilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian handpone. Berdasarkan indikator sales promotion, yaitu (1) mengarahkan perhatian konsumen terhadap produk, (2) mendorong calon konsumen untuk membeli, dan (3) membangkitkan keinginan calon konsumen untuk melakukan pembelian, serta faktor publicity, yaitu pemberitaan produk secara actual merupakan faktor dominan yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian suatu produk. Bauran promosi, perilaku konsumen, keputusan pembelian
PERTUMBUHAN PERBANKAN SYARIAH : PENGUJIAN FAKTOR PENENTU elda oktavianti; satria tri nanda
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Vol. 16 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jieb.v16i1.2270

Abstract

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan perbankan syariah dalam penelitian ini antara lain CAR, NPF, BOPO, Inflasi, PDB dan Suku Bunga BI. Pertumbuhan perbankan syariah yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pertumbuhan yang diukur dari total aset bank syariah. CAR, NPF, BOPO, Inflasi, PDB dan Suku Bunga BI menjadi penting untuk perbankan syariah, karena hal ini akan menentukan tingkat pertumbuhan perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh CAR, NPF, BOPO, Inflasi, PDB dan Suku Bunga BI terhadap pertumbuhan perbankan syariah. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan 11 sampel dengan rentang 5 tahun. Data dikumpulkan melalui rasio keuangan, data inflasi, data PDB dan data suku bunga BI. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi berganda melalui regresi data panel dengan uji parsial dan uji simultan yang dibantu oleh program eviews 7. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat pengaruh pertumbuhan perbankan syariah apabila ditinjau dari CAR, NPF, BOPO, Inflasi, PDB dan Suku Bunga BI dengan sig. 0,000 dan sumbangsih (proporsi varians) variable CAR, NPF, BOPO, Inflasi, PDB dan Suku Bunga BI terhadap pertumbuhan perbankan syariah sebesar 80,44% dan 19,56% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil penelitian diperoleh sebagai parsial bahwa keenam variabel t (-0,693884, 1,019184, -4,061427, 2,863433, -2,086065 dan -4,114148). Disimpulkan bahwa variabel CAR dan NPF tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan perbankan syariah. Sedangkan inflasi dan PDB memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan perbankan syariah namun, tidak sesuai dengan hipotesis.
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA PADA PT. PUTRA PERKASA FLAMBOYAN made adhiguna samvara
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Vol. 16 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jieb.v16i1.2290

Abstract

Perkembangan kebutuhan masyarakat akan transportasi kendaraan bermotor khususnya jenis roda empat sekarang ini tidak dapat terhindarkan lagi. Perubahan tren akan kebutuhan mobil tidak hanya terjadi secara global tetapi di alami oleh perusahaan otomotif di Indonesia. Perkembangan akan kebutuhan mobil ini juga dapat dirasakan sangat jelas pada masyarakat kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota dan faktor yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota pada PT. Perintis Perkasa Flamboyan. Hipotesis penelitian ini adalah komunikasi pemasaran dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Toyota pada PT. Perintis Perkasa Flamboyan. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi pemasaran dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Toyota pada PT. Perintis Perkasa Flamboyan dengan koefisien determinasi sebesar 68,5 %. Komunikasi pemasaran merupakan faktor penentu yang paling dominan yang dapat meningkatkan keputusan pembelian mobil Toyota pada PT. Perintis Perkasa Flamboyan.
DAMPAK INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA MENGGUNAKAN REGRESI DATA PANEL fitri kartiasih
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Vol. 16 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jieb.v16i1.2306

Abstract

Infrastruktur berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya, infrastruktur di sektor transportasi. Semakin baik suatu jaringan transportasi maka aksesibilitasnya juga semakin baik sehingga kegiatan ekonomi antar wilayah juga semakin berkembang. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah pengaruh infrastruktur transportasi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Infrastruktur transportasi yang digunakan adalah panjang jalan kondisi baik dan sedang, jumlah mobil barang, jumlah mobil penumpang, jumlah bus, jumlah sepeda motor, jumlah terminal, arus keberangkatan kedatangan pesawat, dan arus bongkar muat barang di pelabuhan. Data yang digunakan adalah data panel dengan kurun waktu 2010-2014 untuk 30 provinsi di Indonesia. Untuk memilih model terbaik dilakukan uji untuk panel seperti Chow Test dan Hausman Test sehingga didapatkan fixed effect model sebagai model yang terbaik. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik seperti normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mobil barang, mobil penumpang, sepeda motor, bongkar muat barang, arus pesawat, dan jumlah terminal berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi sementara panjang jalan dan jumlah bus tidak signifikan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.
DAMPAK GUNCANGAN PERTUMBUHAN EKONOMI MITRA DAGANG UTAMA TERHADAP INDIKATOR MAKROEKONOMI INDONESIA yeny puspita ningsih; fitri kartiasih
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Vol. 16 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jieb.v16i1.2307

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang menerapkan sistem ekonomi terbuka. Dengan banyak integrasi ekonomi dengan negara lain, guncangan eksternal akan berdampak pada stabilitas makroekonomi Indonesia. Selama periode 2011-2015, Jepang, Cina, dan Singapura adalah mitra dagang utama Indonesia dalam ekspor dan impor. Sejak 2010 perekonomian ketiga negara mengalami perlambatan goncangan yang ditunjukkan dengan penurunan pertumbuhan ekonomi. Karena besarnya ketergantungan Indonesia pada Jepang, Cina, dan Singapura di sektor perdagangan, guncangan dikhawatirkan tidak hanya mempengaruhi kinerja perdagangan, tetapi juga ekonomi makro lainnya. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak guncangan pertumbuhan ekonomi dari mitra dagang utama terhadap indikator ekonomi makro Indonesia yang mencakup ekspor, PDB, dan lapangan kerja pada tahun 1986-2015. Metode yang digunakan adalah Vector Autoregression (VAR) / Vector Error Correction Model (VECM). Hasil IRF menunjukkan bahwa indikator makroekonomi Indonesia memberikan respons positif terhadap guncangan pertumbuhan ekonomi mitra dagang utama, penurunan pertumbuhan ekonomi di China, Singapura dan Jepang akan berdampak pada penurunan pertumbuhan ekspor, PDB, dan penyerapan tenaga kerja Indonesia. Hasil FEVD menunjukkan bahwa guncangan pertumbuhan ekonomi dari mitra dagang utama telah memberikan kontribusi besar terhadap variabilitas indikator ekonomi makro Indonesia

Page 1 of 1 | Total Record : 10